Langsung ke konten utama

Terbiasa Menjadi Munafik

Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Waktu baca bagian ini, aku menjadi agak gelisah, jadi teringat sesuatu, bahwa setiap orang haus akan pengakuan (termasuk aku juga), setiap orang ingin diakui keberadaannya, kalau ada yg bilang, "enggak kok, aku malah cenderung gak suka jadi objek perhatian." Mungkin memang tidak suka diperhatikan oleh banyak orang, tp minimal berusaha agar diakui keberadaannya oleh keluarga, teman, seseorang yang disayang, dll.

Bentuknya bisa dari pencapaian akademik, karya-karya baik seni dan talenta, barang-barang mewah yang dimiliki, pekerjaan yg mapan, traveling ke tempat2 yang indah, keluarga yang harmonis dan bahagia, dan parahnya lagi difasilitasi oleh berbagai sosial media. Kalo dlu ditunjukkannya secara fisik, sekarang tinggal klik upload, dan belum tentu itu miliknya. Akupun jadi menyadari ada sebuah hal yang awalnya aku anggap biasa saja tapi karena terbiasa jadi malah menjadi bencana, kita jadi kecanduan sosmed. Bagaimana dampak sosial media membuat orang2 berlomba-lomba mengejar pengakuan orang lain, tombol like/love atau view dr orang lain menggambarkan harga dirinya. Makin banyak tanda2 itu maka makin diakuilah dirinya. Bahkan sampe jadi fakir like, "eh dilike dong", "eh, follback dong". Kuatir banget kalau yg like dikit, kuatir banget followernya dikit, sampe niat beli follower.

Dan itulah yang perlahan merasukiku saat ini, udah jomblo, sering merasa kesepian pulak(lah kok curhat) 😂😂😂 kalau tidak waspada, akhirnya berusaha menipu banyak orang dengan status-status atau foto2 kece, niatnya agar makin dilihat dan disukai banyak orang (dan bikin orang iri ama kita hahaha).

Orang munafik menunjukkan eksistensi dirinya agar dilihat orang dan sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Ini teguran banget buat aku. Banget banget banget.

Sejujurnya, hampir setiap orang menaruh versi diri mereka yang terbaik di sosmed. Apa yang kita lihat di sosmed kebanyakan tidak seutuhnya benar dan jujur. Sebuah studi menyatakan ketika seseorang mengalami masalah finansial, mereka suka posting gambar kehidupan mereka yang mewah dan banyak uang, ketika seseorang mengalami masalah pernikahan, mereka akan posting gambar keluarganya yg harmonis dan bahagia. Orang2 cenderung menyembunyikan perasaan mereka yang tidak aman.

Kamu follow teman kamu, semua foto2nya bagus, estetik, keren, tempat-tempatnya bagus, kayaknya hidupnya enak bener, seneng-seneng bae... Kamu tidak tahu bahwa ternyata ia sedang bergumul dengan gambar diri, dia selalu mencoba ingin bunuh diri, dia sedang patah hati, keluarganya kacau berantakan. Lagian mana ada sih orang posting hal-hal jelek di sosmednya, gambar yg diupload dan temennya komen, "km agak gendutan ya", langsung diapus 😂😂😂.

Kembali mempertanyakan lagi, apa aku benar-benar butuh sosial media? Kalau iya, apa motivasi utamaku?

Roma 14:19 (TB) 
Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun

Apakah aku sudah menggunakan sosial media untuk mendatangkan damai sejahtera? Untuk membangun orang lain?

Jadi guys, kalau kalian liat di sosmedku ada status dan gambar bagus, jangan percaya 100% hidupku lebih baik dari hidup kalian. Keberadaanku seutuhnya bukan dari sosmed (sosmed itu mudah dimanipulasi). Keberadaanku seutuhnya adalah orang yang juga memiliki banyak pergumulan, dan hidup dari belas kasih Tuhan semata.

Ya Tuhan, mampukan aku untuk mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan berguna untuk saling membangun. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu berpikir

Sepanjang aku hidup, selama sekitar 21 tahun 11 Bulan, Aku menarik kesimpulan bahwa inilah diriku apa adanya. Aku tidak perlu menjadi orang lain, aku tidak perlu menuruti penilaian orang lain. Aku menyadari dan terus menyadari bahwa banyak hal indah yang ada di sekelilingku, namun jika hatiku sedih, semuanya terasa suram. Sekali lagi aku menyadari bahwa perasaan bukanlah pegangan utama untuk memutuskan segala sesuatu. Adakalanya diam dan menangis adalah cara untuk menetralkan hati dan perasaan.  Inilah diriku, diciptakan dengan perasaan, emosi dan kehendak, aku manusia. Perasaan yang kadang membuai, tetapi kadang juga mematikan. Perasaan mudah berubah-ubah, perasaan mengikuti alur hidup yang kualami, terkadang puas, terkadang frustasi. Perasaan mudah diombang-ambingkan, karena itulah alasan perasaan tidak bisa menjadi pegangan yang kuat. Namun perasaan tidak salah, perasaan diciptakan agar aku peka. Perasaan dipakai agar aku dapat mempertimbangkan, walau ini bukan mjd dasar atas s

Kekacauan di Pikiranku #4

Hmm oke.. beberapa hari ini aku berpikir.. aku banyak menghabiskan waktuku untuk tidak melakukan apa-apa selain menonton TV (I know its not a good ide to solve the problem, but i just wanna do it even my mind wasnt there). Aku tidak melakukan apa-apa bukan tanpa sebab, tetapi aku sedang menghindari sesuatu. Aku bukan anak bodoh, maksudku, dulu aku begitu antusias untuk belajar banyak hal dan aku selalu tidak mau kalah dalam berkompetisi dengan anak-anak lainnya. Aku selalu ingin menjadi yang berbeda... Aku akan jealous jika anak lain lebih baik dan lebih banyak dipuji. aku tau ini respon yang buruk. Tetapi jika aku menekannya, aku merasa bukan menjadi diriku sendiri. Aku payah ya. Aku merasa mungkin aku adalah seseorang yang selalu ingin mencari perhatian, setiap aku ketawa atau berbicara, aku pasti memiliki suara yang cukup keras. Dalam sebuah perkumpulan, aku pasti akan selalu mengutarakan pendapatku. Sesungguhnya, Aku lelah menghadapi diriku yang seperti ini. Dulu aku sangat sen

myart GALERY

Ini karya iseng main Twisted Brush OPEN STUDIO....i love it,,,:D pot bunga (gak jelas tp lumayanlah menurutku) ini gambar iseng2an waktu sendirian gak ada temen #halah ini potret diri Naga haus darah (suasana hati ketika banyak tugas kuliah)