Langsung ke konten utama

Selesai Babak yang Ini

Dari November 2012 saya mengumpulkan proposal Skripsi, dan berjalan dengan mulus sampai tangan pembimbing pada bulan februari 2013, Semuanya berjalan begitu saja tanpa hambatan, Saya mendapatkan pembimbing yang saya ajukan sendiri walaupun saya tidak tahu pembimbing-pembimbing ini seperti apa dan karakter mereka seperti apa, karena selama kuliah saya tidak terlalu dekat dengan teman-teman kampus dan dosen-dosen di kampus, karena karakter saya yang sangat sungkan. Topik saya tidak ada direvisi sama sekali, ini artinya bahwa saya bisa maju bebas hambatan di awal. Tapi itu baru awal mula dari perjalanan panjang saya melawan diri sendiri. Saya sendiri juga tidak mau berlama-lama pada step ini. Perjalanan dari februari sampai Agustus yang tidak selalu menemukan titik terang tp bersyukur terang Tuhan selalu menjernihkan pikiran saya perlahan-lahan. Saya semakin menyadari siapa saya dan diri saya di hadapan Allah. Benar-benar perjalanan yang penuh kesedihan dan sukacita selama mengerjakan ini. Terkadang merasa sendiri, merasa buntu, sampai detik2 terakhir di tahun 2013, semuanya semakin menampakkan terang yang semakin besar seiring bertumbuhnya iman saya kepadaNya untuk terus bergantung dan mengandalkan Dia, Terpujilah Tuhan, Pujilah Dia hai jiwaku selama-lamanya.

Selama tahun 2013, saya merasakan semua monster dalam diri saya keluar, setelah sekian lama saya tekan. Selama pengerjaan skripsi ini, saya banyak meratapi kebodohan saya, kegagalan saya, sempat rasanya ingin menghentikan hidup sejenak, sempat ingin mundur rasanya. Tp SalibNya membuat saya malu dan menampar diri saya sendiri. SalibNya membawa saya untuk terus datang padaNya. SalibNya menyertai setiap langkah perjalanan saya yang lemah dan kritis. SalibNya menjadi kekuatan bagi saya untuk menggapai rencanaNya, bukan rencana saya. Kelelahan saya memuncak saat saya memutuskan untuk konsultasi psikologi untuk meminta pertolongan mengenai apa yang salah pada diri saya, lalu konsultasi pada konselor, mengikuti konsultasi pemulihan untuk semakin membuka diri saya di hadapan Allah dengan bantuan hambaNya. Saya putus asa, saya bingung, sampai pernah saya bilang sama Tuhan apa saya lewat jalur lain saja ya yang penting lulus dulu. Tetapi Dia tidak membiarkan saya putus asa dengan pikiran-pikiran saya sendiri, Dia tidak menyerah dengan saya yang keras kepala dan mudah menyerah.

Betapa banyak hal dan pengalaman serta kegagalan, sukacita, yang saya alami di tahun 2013, yang kata orang, angka 13 pada tahun 2013 merupakan tahun sial. Pada awalnya saya merasa mungkin tahun ini adalah tahun sial bagi saya, tp Allah tidak pernah menyatakan bahwa tahun ini adalah kesialan saya, iblis dan pikiran saya yang menganggap itu sebagai tahun sial. Saya justru belajar di tahun 2013 kemarin, Allah menunjukkan monster2 dalam diri saya yang menghambat persekutuan saya denganNya, dan tahun 2013 ini juga sebagai pembuka baru perjalanan iman saya kepada Allah. Tahun 2013, saya aman dalam naunganNya, saya aman dan tenang walau diterpa banyak badai. Badai yang berasal dari diri sendiri. Tahun 2013 adalah babak pembuka untuk saya agar tidak menekan monster2 yang ada dalam diri saya, tahun 2013 menjadi ronde pertama saya melawan monster dari diri sendiri, belajar mengasihi diri sendiri, tidak selalu tenggelam dalam kondisi mengasihani diri sendiri. Walau bingung dengan diri sendiri, tp belajar untuk terus menaruh FirmanNya di atas segala yang saya lakukan agar teranglah jalan setapak yang saya lalui.

Saya sangat mengucap syukur hari ini 7 Januari 2014, artikel ilmiah yang saya buat boleh selesai sesuai dengan revisi dosen pembimbing pertama. Iman yang Allah bentuk di tahun 2013 kemarin, semakin mendorong saya untuk terus percaya dan setia pada janji Allah. Allah dengan caraNya yang mengejutkan, mampu membuat saya tersenyum walau berada di tengah hujan badai yang mengerikan.

Bapa, ampuni saya yang bodoh dan hina ini, terima kasih untuk peryertaanMu di dalam kamar yang sunyi dan dingin ini, Kau yang memberikan kehangatan kepada hati yang beku ini dari semula dan akhir nanti. Saya ingin terus berjalan denganMu. Bapaku yang setia, Bapaku yang penuh kasih. Walau liburan kemarin saya banyak bertengkar dengan ayah saya dan hal ini mampu merusak hubungan saya denganMu. Bapa pulihkan gambaran seorang Bapa seperti Engkau yang adaah Bapa penuh kasih, dalam hati dan pikiran saya. Saya percaya padaMu dan saya mau melanjutkan lagi perjalanan hidup ini bersamaMu. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Waktu berpikir

Sepanjang aku hidup, selama sekitar 21 tahun 11 Bulan, Aku menarik kesimpulan bahwa inilah diriku apa adanya. Aku tidak perlu menjadi orang lain, aku tidak perlu menuruti penilaian orang lain. Aku menyadari dan terus menyadari bahwa banyak hal indah yang ada di sekelilingku, namun jika hatiku sedih, semuanya terasa suram. Sekali lagi aku menyadari bahwa perasaan bukanlah pegangan utama untuk memutuskan segala sesuatu. Adakalanya diam dan menangis adalah cara untuk menetralkan hati dan perasaan.  Inilah diriku, diciptakan dengan perasaan, emosi dan kehendak, aku manusia. Perasaan yang kadang membuai, tetapi kadang juga mematikan. Perasaan mudah berubah-ubah, perasaan mengikuti alur hidup yang kualami, terkadang puas, terkadang frustasi. Perasaan mudah diombang-ambingkan, karena itulah alasan perasaan tidak bisa menjadi pegangan yang kuat. Namun perasaan tidak salah, perasaan diciptakan agar aku peka. Perasaan dipakai agar aku dapat mempertimbangkan, walau ini bukan mjd dasar atas s

Kekacauan di Pikiranku #4

Hmm oke.. beberapa hari ini aku berpikir.. aku banyak menghabiskan waktuku untuk tidak melakukan apa-apa selain menonton TV (I know its not a good ide to solve the problem, but i just wanna do it even my mind wasnt there). Aku tidak melakukan apa-apa bukan tanpa sebab, tetapi aku sedang menghindari sesuatu. Aku bukan anak bodoh, maksudku, dulu aku begitu antusias untuk belajar banyak hal dan aku selalu tidak mau kalah dalam berkompetisi dengan anak-anak lainnya. Aku selalu ingin menjadi yang berbeda... Aku akan jealous jika anak lain lebih baik dan lebih banyak dipuji. aku tau ini respon yang buruk. Tetapi jika aku menekannya, aku merasa bukan menjadi diriku sendiri. Aku payah ya. Aku merasa mungkin aku adalah seseorang yang selalu ingin mencari perhatian, setiap aku ketawa atau berbicara, aku pasti memiliki suara yang cukup keras. Dalam sebuah perkumpulan, aku pasti akan selalu mengutarakan pendapatku. Sesungguhnya, Aku lelah menghadapi diriku yang seperti ini. Dulu aku sangat sen

myart GALERY

Ini karya iseng main Twisted Brush OPEN STUDIO....i love it,,,:D pot bunga (gak jelas tp lumayanlah menurutku) ini gambar iseng2an waktu sendirian gak ada temen #halah ini potret diri Naga haus darah (suasana hati ketika banyak tugas kuliah)